Sunday 5 June 2016

Benefit, dan Cara Menggunakan JQuery Method Chaining

Method Chaining

Method chaining adalah suatu teknik yang dapat digunakan untuk menyederhanakan kode dalam sebuah skenario yang melibatkan pemanggilan beberapa fungsi pada objek yang sama berturut-turut. Berikut adalah contoh bagaimana Anda dapat menggunakan metode chaining ketika menggunakan jQuery.
  1. Contoh penggunaannya :
  2. Bagaimana Cara Kerjanya?
    • $('li') mengembalikan sebuah JQuery Collection object
    • Ketika method .css() dipanggil, method ini mengaplikasikan warna ke semua elemen yang ada dalam JQuery Collection Object dan mengembalikannya ke JQuery Collection Object lagi.
    • Kemudian method .SlideUp() dijalankan saat method .css() selesai mengembalikan elemen ke dalam JQuery Collection Object
    • Proses seperti di atas akan terus dijalankan hingga mencapai method final(terakhir)
    Seperti yang telah anda lihat, menggunakan method chaining dapat merapikan code, tetapi bagaimanapun juga banyak developer/programmer tidak menyukai tampilan code ketika menggunakan method chaining dan memilih tidak menggunakannya.
    Catatan : Method chaining tidak akan bekerja hingga selesai jika ada salah satu method yang tidak berada di final(akhir) tidak mengembailan object. Contohnya di bawah ini, method text() mengembalikan string.

0 comments:

Post a Comment